top of page
Search
  • Writer's pictureHilmy Fauzan Akbar

Resume Tugas Jurnal Pekan 1

Judul :

Resource-Based View of Information Systems: Sustainable and Transient Competitive Advantage Perspectives


Penulis :

Gaurav Gupta

Indian Institute of Management

&

Kevin Tee Liang Tan

Yaw Seng Ee

Cynthia Su Chen Phang

Swinburne University of Technology


Tahun Terbit :

2018


Abstrak

Pandangan berbasis sumber daya (RBV), atau teori berbasis sumber daya, adalah salah satu teori tertua dan paling berpengaruh di bidang sistem informasi. Makalah ini berpendapat bahwa sudah waktunya untuk meninjau kembali, merenungkan, dan memposisikan ulang RBV untuk memastikan relevansi dan kemajuan disiplinernya yang berkelanjutan.


Dalam melakukannya, makalah ini (i) memberikan evaluasi singkat dan tajam dari RBV konvensional dari sistem informasi yang digunakan perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, dan (ii) memberikan kontribusi asli dengan memperkenalkan RBV kontemporer dari sistem informasi yang perusahaan dapat digunakan untuk membangun keunggulan kompetitif sementara. Kedua kontribusi ini harus memajukan pemahaman sistem informasi saat ini dan masa depan sebagai (a) sumber daya internal perusahaan, (b) sumber keunggulan kompetitif, dan (c) penggerak kinerja perusahaan


1. Pendahuluan

Pandangan berbasis sumber daya (RBV), atau teori berbasis sumber daya, adalah teori klasik dan berpengaruh di bidang sistem informasi. Teori yang diturunkan dari teori pertumbuhan perusahaan Edith Penrose (1959), diperkenalkan oleh Birger Wernerfelt (1984) dan dipopulerkan oleh Jay Barney (1991). Sejak itu, artikel mani oleh dua ahli teori RBV — Wernerfelt dan Barney — telah dikutip lebih dari 85.000 kali (per 20 Desember 2017)


2. RBV (Resource-Based View)

Esensi dan logika RBV dapat dipahami dengan jelas ketika diuraikan dan diatur sebagai berikut:

a. Sebuah Perusahaan memiliki sumber daya yang heterogen.

b. Sumber daya perusahaan dapat digunakan untuk membayangkan, memilih, dan menerapkan strategi perusahaan.

c. Strategi perusahaan cenderung berbeda, jika tidak serupa, tetapi tidak identik.

d. Strategi perusahaan berkontribusi dan menjelaskan perbedaan kinerja perusahaan.

e. Kinerja perusahaan didasarkan pada sumber daya perusahaan.

f. Sumber daya perusahaan yang berharga, langka, tidak ada bandingannya, tidak dapat diganti, tahan lama, sesuai, dan bergerak (antara lain) dapat menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

g. Perusahaan dengan keunggulan kompetitif dapat menikmati banyak sekali manfaat, seperti premi dan hasil sewa (Amit & Schoemaker, 1993; Barney, 1991; Collis & Montgomery, 1995; Wade & Hulland, 2004; Wernerfelt, 1984).


3. RBV Sistem Informasi Saat Ini

Sistem informasi mewakili produk dan disiplin ilmu. Dualitas bentuk ini dapat dibedakan dengan menggunakan RBV. Secara khusus, sistem informasi adalah sumber fokus ketika ia mengambil bentuk produk yaitu komponen perangkat keras, perangkat lunak, data, orang, dan proses yang saling terkait dalam studi yang terletak dalam disiplin sistem informasi.



4. RBV Sistem Informasi Di Masa Depan

Perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan kompetitif saat ini diharuskan untuk dapat beradaptasi dengan berkurangnya waktu dan stabilitas, di mana perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan. Dalam proses itu, perusahaan harus mengenali dan berupaya menghadirkan inovasi dalam sistem informasi yang dapat memberi mereka keunggulan kompetitif sementara (bukan keunggulan kompetitif berkelanjutan). Dalam hal ini, perusahaan yang intensif informasi akan berusaha untuk mengembangkan dan menumbuhkan sistem informasi mereka dengan atribut sumber daya kompetitif yang berbeda pada dua tahap: pendahuluan (jangka pendek) dan kematangan (jangka panjang)


5. Kesimpulan

a. RBV sistem informasi merupakan (i) sumber daya internal perusahaan, (ii) sumber keunggulan kompetitif, dan (iii) penggerak kinerja perusahaan.

b. Secara khusus, big data adalah sumber keunggulan kompetitif yang diakui.

c. dampak teknologi baru terhadap sistem informasi dan kinerja perusahaan sangat bergantung pada kompetensi internal

d. penulis berharap wawasan yang diperoleh dari jurnal ini akan merangsang penelitian yang lebih besar tentang RBV yang didedikasikan untuk memajukan dan mendukung pemahaman sistem informasi saat ini dan di masa depan.






1 view

Recent Posts

See All
  • Asset%201%404x_edited
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram

Website ini dibuat oleh Hilmy Fauzan Akbar | 1806196301

bottom of page